Alhamdulillah, Kora keluar menjadi pemenang pertama dari 20 peserta dalam sesi Unilever Foundry Start Up Battle di acara Innovfest Unbound yang diadakan di Marina Bay Sands, Singapura 28 Juni 2019.

Innovfest merupakan ajang inovasi terbesar dan paling menarik se-Asia Tenggara yang diadakan oleh NUS Enterprise dan Unbound. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 15,000 pelaku bisnis, professional, investor dan perusahaan rintisan (start up) dari lebih 80 negara di seluruh dunia.

Saat final battle Kora berhasil mengalahkan 20 peserta dan 5 finalis pada sesi tersebut karena juri menilai Kora memiliki konsep yang memberikan inovasi pada industri retail dan berdampak sosial tinggi. Kora mempermudah para ibu mendapatkan barang kebutuhan rumah tangga dengan harga yang lebih terjangkau. Cara pemesanan dilakukan dengan grup belanja bersama yang diwakili oleh 1 orang agen Kora (disebut Poskora) yang sudah tersebar di seluruh Jabodetabek.

Poskora menerima barang dari Kora dan kemudian didistribusikan kepada para member yang telah memesan sebelumnya.
“Kami bekerjasama langsung dengan principle(produsen), sehingga harga di Kora lebih kompetitif. Selain itu, dengan mengirimkan barang secara kolektif ke setiap Poskora, ongkos logistik kami sangat rendah, ” terang Ardi Arif Suden, founder dan CEO Kora.

Ini merupakan kompetisi pertama yang diikuti oleh Kora. Dalam acara tersebut Kora harus bersaing dengan berbagai peserta dari luar negeri. Banyak teknologi canggih yang ditampilkan para peserta jauh melebihi teknologi yang digunakan Kora. Namun Kora berangkat dari permasalahan yang muncul di masyarakat. Dari pemenuhan kebutuhan rumah tangga sekaligus memberikan peluang mendapatkan penghasilan bagi ibu rumah tangga. Sampai mempermudah principle(produsen) memproyeksikan permintaan di level konsumen. Ardi menambahkan bahwa inovasi itu ga harus selamanya menggunakan teknologi yang canggih, tapi kita harus memberikan solusi kepada problem yang ada.

Kora sudah beroperasi lebih dari 1 tahun dan masih fokus di sekitar Jabodetabek. Saat ini Kora melayani lebih dari 5000 keluarga setiap bulan. Ardi menjelaskan visi Kora adalah seluruh keluarga Indonesia dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan harga terjangkau, mendapat penghasilan, keluarga terurus, silaturahmi dengan tetangga juga terjalin, dan kesejahteraan meningkat.

Semoga visi Kora yang mulia ini dapat terwujud segera dan semakin mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional. Jadi mari kita bersama-sama mendukung startup lokal di tanah air kita untuk dapat membawa perubahan positif dan memberikan solusi bagi kehidupan di Indonesia, bahkan bersaing dengan startup kelas dunia. Untuk Anda yang tertarik menjadi Poskora atau belanja di kora, Anda dapat membuka tautan ini.