Seperti dilansir dari Lipuan6.com Suami Rita Sugiarto , Jacky Zimah meninggal pada Selasa Malam 2/7/2019 di RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur karena diabetes.

Berita duka meninggalnya suami pedangdut senior Jacky Zimah ramai diperbincangkan. Diketahui bahwa meniggalnya suami Rita Sugiarto adalah karena diabetes. Umumnya masyarakat menyebutnya penyakit gula. Sudah 2 tahun Jacky Zimah mengidap penyakit ini. Memang tidak sepopuler kanker, namun kita perlu tahu bahwa diabetes merupakan penyakit tertinggi nomor 3 di Indonesia yang menyebabkan kematian.

Pola makan dan gaya hidup zaman now, memungkinkan peningkatan resiko penyakit diabetes. Yuk kenali bun, apa saja penyebab diabetes.
Sebelum mengetahui penyebabnya, yang perlu bunda ketahui adalah fakta bahwa diabetes terjadi tanpa disadari.
Kenapa bisa terjadi ?

Diabetes merupakan kondisi metabolisme tubuh yang tidak normal sehingga kadar glukosa dalam darah dan urin meningkat. Keadaan ini dipicu oleh ketidakmampuan tubuh menghasilkan hormon insulin dimana hormon ini merupakan hormon yang mengubah glukosa menjadi energi. Akibatnya tubuh mengalami kelebihan glukosa.

infografis penyebab diabetes
sumber gambar : hellosehat

dari gambar di atas 2 dari 3 orang tidak mengetahui dirinya memiliki diabetes. Dan Indonesia menempati peringkat ketujuh dunia penderita diabetes. Wah wah.. serem ya bun.
Namun jangan khawatir bun, diabetes adalah penyakit dan bukankah lebih baik mencegah dulu lebih baik daripada mengobati.

Berikut beberapa hal yang perlu kita terapkan untuk mencegah diabetes menyerang. Apa saja ?

1. Yang pertama, bisa dimulai dari memperhatikan asupan makanan ke tubuh kita.

Seperti diambil dari data Kementrian Kesehatan berikut ini :

pencegahan diabetes
sumber gambar : p2ptm.kemkes.go.id

Sesuai gambar di atas, asupan gula dan garam ke dalam tubuh kita per hari harus diperhatikan ya bun. Jadikan panduan ini untuk takaran asupan gula dan garam bagi keluarga. Diskusi dengan suami dan anak atas informasi ini.

2. Yang kedua, berolahraga secara teratur

Dengan berolahraga minimal 30 menit per hari dapat mmenurunkan resiko penyakit diabetes. Ngga harus yang berat-berat bun seperti marathon. Jogging atau skipping (loncat tali) di pagi hari sudah cukup. Tujuannya adalah menguatkan fungsi jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melepas penimbunan energi yang berlebih di tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan. Penimbunan energi ini yang kita ketahui menyebabkan kegemukan (obesitas) dan meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

3. Ubah kebiasaan kebiasaan merokok

Memang berkata tidak semudah menjalankan. Bahwa perokok susah sekali untuk berhenti merokok. Namun bukan tidak berarti tidak bisa berhenti merokok. Yang diperlukan adalah niat yang kuat dan dukungan lingkungan atas komitmen untuk berhenti merokok.

4. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur

Dari kecil kita sering sudah mendengar anjuran ini. Bahwa buah dan sayur adalah sumber makanan dengan manfaat vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Tidak usah jauh-jauh bunda, kita ambil contoh buah pisang dan jeruk.
Pisang dan jeruk adalah buah yang mudah didapatkan. Selain mudah, harga kedua buah ini juga terjangkau. Di samping kandungan gizinya juga tinggi. Pisang dan jeruk banyak tersedia di pasar tradisional dan pasar modern sekitar tempat tinggal bunda. Bahkan kini tersedia pula di aplikasi Poskora dari KORA Indonesia.

Berikut manfaat pisang seperti dilansir Healthline

  1. Pisang punya banyak serat, antioksidan dan vitamin yang baik bagi tubuh
  2. Pisang memiliki nutrisi yang menyeimbangkan gula darah
  3. Pisang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan
  4. Pisang dapat membantu menurunkan berat badan
  5. Pisang mendukung kesehatan jantung
  6. Pisang juga bisa mencegah asma
  7. Pisang mengandung antioksidan yang kuat

Nah, mulai sekarang lebih baik kita cegah penyakit dengan melakukan kebiasaan baru yang lebih baik sehingga menjadi gaya hidup baru yang lebih sehat ya bun.


#Kora
Mendaftar menjadi Poskora di sini