Hari Selasa 16 Juli 2019 Indonesia kembali di landa musibah gempa bumi, dan kali ini gempa bumi mengguncang Nusa Dua, Bali.

gempa bumi

Menurut info yang di lansir BMKG yang di publish via detik.com.

Gempa dengan magnitudo 6 terjadi di Nusa Dua, Bali. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” kata BMKG lewat akun Twitter-nya, Selasa (16/7/2019).

Gempa ini terjadi pada hari ini pukul 07.18 WIB. Lokasi gempa ada di koordinat 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur.

Pusat gempa ada di 83 km arah barat daya Nusa Dua. Hiposenter gempa ada di kedalaman 68 km.

Belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa ini.

Indonesia merupakan wilayah rawan gempa, yang siapapun tinggal di negara ini berpotensi terancam  bencana gempa bumi. Kita prihatin dengan yang terjadi di Bali baru-baru ini dan beberapa tempat sebelum Bali. Namun prihatin saja sepertinya harus dibarengi dengan kesiapan kita jika menghadapi bencana alam. Apa saja yang perlu kita persiapkan jika terjadi bencana alam ?

1. Mental

Dalam kondisi apapun, ketenangan pikiran adalah nomor satu. Proses pengambilan keputusan akan lebih masuk akal jika kondisi kita dalam keadaan tenang. Panik itu manusiawi namun jangan panik berlebihan jika terjadi bencana alam. Fokuslah kepada menyelamatkan diri dan bagaimana mencari bantuan.

2. Air Minum

air minum

Air merupakan  kebutuhan yang wajib ada. Menurut situs persiapan bencana pemerintah Amerika Serikat, menyarankan warganya untuk menyediakan satu galon atau sekitar 3,7 liter air sebagai persiapan menghadapi bencana. Nah ketika kita dihadapkan oleh suatu bencana, tentunya kebutuhan air minum itu adalah kebutuhan yang sangat krusial, utamanya  adalah anak-anak dan ibu menyusui yang paling membutuhkan banyak air untuk asupan cairan tubuh, MCK, memasak, dan untuk membuat susu bayi.

3. Makanan

Tak hanya air, persediaan makanan juga sangat penting ketika kita dihadapkan dengan suatu bencana. Nah, beberapa makanan kemasan bisa menjadi stok untuk persiapan menghadapi bencana. Seperti makanan kemasan atau yang tahan lama misalnya abon, ikan asin, telur asin.

4. P3K

kotak P3K

Kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan obat – obatan juga perlu kita bawa pada situasi darurat seperti bencana gempa bumi. Selain peralatan umum seperti plester dan alcohol 70%, usahakan pula menyimpan obat-obatan penting. Sama seperti makanan, pastikan selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa obat dan menggantinya ketika sudah melewati masa best before.

Apabila ada penyakit khusus, peran dari obat – obatan ini sangat penting lho, seperti obat asma.

Jadi, jangan sampai melupakan hal yang kecil ini tapi kegunaannya sangat penting ya.

5. Alat Komunikasi

alat komunikasi

Pada kondisi bencana, peranan komunikasi sangat penting. Namun itu juga bergantung pada seberapa parah infrastruktur yang terdampak oleh bencana sehingga memutus jalur komunikasi.  Setidaknya segera gunakan alat komunikasi utama , gunakan secara efektif hanya untuk berkomunikasi dan mencari bantuan. Fungsi lain alat komunikasi seperti handphone juga dapat digunakan untuk senter ketika gelap dan aliran listrik terputus. Selalu update nomor penting dalam list kontak anda seperti nomor keptua RT atau RW lingkungan anda, nomor kantor polisi terdekat,dan  nomor pemadam kebakaran.

6. Dokumen Penting

dokumen

Dilansir dari lifehacker.com, Badan Penanggulangan Bencana Amerika Serikat (FEMA), memasukkan dokumen penting dalam daftar barang penting yang perlu dibawa jika bencana terjadi. Namun, dokumen penting tersebut tak berarti harus membawa dokumen asli melainkan bisa berupa salinan. Caranya ? Selalu membuat backup atau Salinan dari identitas anda. Kartu Keluarga, KTP, SIM, BPKB, surat nikah, Akta Kelahiran, Surat Tanah dan lain-lain.

Nah itu beberapa hal yang perlu kita siapkan dari sekarang guna menghadapi situasi tiba-tiba terjadi bencana alam.
Terakhir, tidak ada siapapun yang ingin mengalami musibah bencana alam. Namun kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita. Selalu mempersiapkan diri dan membekali dengan pengetahuan adalah langkah awal yang bijak dalam menghadapi segala situasi.
Semoga kita selalu dilindungi dari segala musibah. Amin