Istilah beras premium dan medium mengacu pada kualitas dan harga beras. Namun belum banyak yang tahu apa ciri-ciri dan perbedaan keduanya.

Kebutuhan akan konsumsi beras di masyarakat kian meningkat. Seiring bertambahnya populasi jumlah penduduk. Ditambah kemudahan arus informasi saat ini, setiap produsen beras dengan mudah menyajikan beraneka varian dengan kualitas dan harga beras yang diproduksi.
Pada umumnya harga lebih tinggi-biasanya-dibarengi dengan kualitas lebih baik.
Dari kata premium itu pun sudah mencerminkan bahwa beras premium menunjukkan klasifikasi sosial pembeli. Walaupun tidak selalu demikian. Karena urusan makan nasi adalah urusan selera.

beras

Dalam pemilihan beras demi memenuhi kebutuhan keluarga, beras mana yang anda gunakan ?
Mari kita simak ulasan di bawah

  1. Ciri Fisik
    Beras medium memiliki warna sedikit kusam dibanding beras premium yang lebih putih. Walaupun terkadang beras medium tampak putih namun jika dibandingkan dengan seksama dengan beras premium masih akan terlihat lebih kusam dan masih terlihat perbedaannya.
  2. Beras Patah (Menir)
    Dalam satu kemasan beras kita bisa melihat ada beras yang utuh dan beras yang tidak utuh atau patah. Untuk beras medium tingkat beras patahnya 10 % atau lebih. Dan untuk beras premium prosentase beras patah adalah kurang dari 10%.
    Ketika setelah dimasak, karena beras premium beras patahnya sedikit maka terlihat lebih menarik saat akan dikonsumsi.
  3. Kandungan gabah dan kotoran
    Dengan teknologi pemrosesan beras yang semakin baik dari waktu ke waktu, gabah atau kotoran yang terdapat dalam beras sudah banyak jauh berkurang. Namun ada kalanya masih ditemukan sedikit gabah, batu , atau kotoran dalam beras medium.
    Beras premium relatif jarang sekali terdapat kotoran dalam beras.
  4. Tampilan Nasi
    Beras premium ketika dimasak dan matang terlihat lebih putih, bersih, dan mengeluarkan aroma lebih wangi dan rasa lebih nikmat dibandingkan dengan beras medium.
  5. Kadar Air
    Kadar air dalam beras premium atau medium ini perlu dipahami karena akan menentukan air yang digunakan untuk memasak beras. Beras premium memiliki kadar air yang lebih tinggi sehingga ketika dimasak menggunakan air lebih sedikit daripada beras medium.
    Biasanya kebingungan terjadi ketika menggunakan beras medium lalu beralih mencoba menggunakan beras premium. Takaran air yang digunakan tidak diubah. Hasilnya beras premium yang dimasak akan menjadi lembek.
  6. Harga Beras
    Dalam segi harga, pemerintah mematok untuk beras premium adalah maksimal Rp 12.800 yang tertera pada kemasan beras. Dan untuk beras medium antara Rp 8000 s.d Rp 9000.

Nah mana beras yang anda gunakan ?
Jika anda tertarik beralih ke beras premium, Kora Indonesia menyediakan beras Premium Merk Anak Raja Ukuran 5 Kg yang dapat anda dapatkan di sini.

Beras Premium Anak Raja 5 Kg